10 Mods Gameplay Terbaik untuk TES V Skyrim


10 Mods Gameplay Terbaik untuk TES V Skyrim.
Penulis sudah menghabiskan waktu selama 100 jam lebih tapi tetap saja, masih merasa belum untuk menjelajahi dunia dalam game rpg terkenal, The Elder Scrolls V (TES V) Skyrim. Dikarenakan semakin lama berpetualang di Skyrim itu, penulis akan semakin banyak menemukan potensi-potensi baru yang masih dikembangkan lebih lanjut. Tentu saja, dengan menginstal beberapa mods tambahan untuk menambah keasyikan gameplay dalam TES V. 
Berbeda dengan artikel yang ini, yang lebih fokus pada sisi mods untuk menambah keindahan gfx di Skyrim. Maka penulis membuat daftar mods-mods gameplay terbaik untuk TES V pada artikel kali ini. Setiap mods akan penulis jelaskan secara singkat, dan mengenai mengunduh file berikut tata cara meng-instal sudah ada di link-link di bawah ini.


















Seperti biasanya, TES V perlu di kasih update 4 by reloaded (patch v1.310) terlebih dahulu. Lalu, penulis akan memberitahukan tool-tool mods yang harus gamer instal terlebih dahulu, sebelum menggunakan mods-mods gameplay terbaik untuk TES V. Tool mods tersebut itu, yakni:

Mods ini, secara khusus berguna untuk memperlancar mods Sky UI dan semua mods yang membutuhkan baris perintah berupa skrip tambahan. Sebenarnya, masih ada satu lagi tool mods sejenis yakni dragonscript, tapi ketika penulis mencobanya, tool tersebut malah membuat TES V jadi kurang stabil jika dimainkan dalam waktu lama. Oleh sebab itulah, penulis tidak memasukkannya ke dalam artikel ini, berikut mods-mods yang berkaitan dengan dragon script tersebut.

B. Nexus Mod Manager - OPEN BETA


Tool mods ini berguna untuk mengatur untuk menyalakan ataupun mematikan mods-mods yang ada di SKyrim khususnya, tapi juga berfungsi untuk mods-mods yang ada di Fallout 3, Fallout New Vegas, dan TES IV. Selain itu, mods ini juga bisa dimanfaatkan untuk menginstal mods-mods tertentu, semacam mods Sky UI, yang lebih kompleks.

1. SkyUI by SkyUI Team

 
Sudah menjadi rahasia umum, bahwa sebagian para progammer user interface (UI) untuk TES V ini lebih mementingkan penggunaan gamepad daripada penggunaan kibord. Hasilnya, sistem inventory secara default di TES V lebih susah digunakan jika gamer membandingkannya dengan TES III maupun TES IV, yang sama-sama seperti TES V dirilis untuk multiplatform. Penulis masih belum mengetahui, kenapa para progammer TES V itu memilih membuat sistem inventory yang lebih ramah terhadap penggunaan gamepad daripada kibord, ketika TES V ini masuk ke PC.

Tetapi, semua permasalahn itu sudah usai, kini gamer bisa menggunakan sistem inventori yang ramah ketika memakai kibord, jika menginstal mods Sky UI ini. Hasilnya memang luar biasa, sistem inventory yang secara default terlihat kurang menarik, menjadi lebih menarik dan mudah digunakan berkat mods ajaib ini. Tentu mods Sky UI ini berjalan lebih lancar jika gamer juga telah menginstal kedua tool mods diatas. Ada beberapa pilihan font text yang bisa digunakan, berikut ikon inventory-nya. Gamer bebas memilih mau menggunakan mods Sky UI yang seperti apa.


2. System HUD


a. Arrow Keys for WMap and Lockpicking by athfkarl
Selain sistem inventory yang secara default, kurang ramah terhadap penggunaan kibord, maka hal yang sama juga berlaku pada sistem HUD di TES V. Salah satu HUD yang mencolok yaitu ketika gamer melakukan lockpicking, hanya bisa menggerakkan anak kunci dengan tikus serta tombol kibord A dan D saja. Sedangkan untuk melihat-lihat arah kota dan wilayah, melalui sistem peta itu hanya bisa digerakkan dengan tikus dan tombol kibord WSAD saja. Tapi, dengan mods ini, semuanya bisa dirubah sehingga gamer bisa memakai tombol anak panah atas bawah kiri kanan sebagai pengganti tombol WSAD.

b. Andaikata gamer masih belum puas dengan perubahan hanya berlaku untuk kedua fitur diatas, maka masih ada satu lagi mods yang bisa merubah semua tombol kibord yang telah disetel dan terkunci secara default di TES V, yakni Interface Hard Coded Key Tweaks by crazy-g. Salah satu fungsi yang paling hebat dari mods ini ialah merubah tombol TAB menjadi ESC untuk keluar dari mode inventory, favorite, baca buku, dsb. Benar-benar mods ajib.


3. Duel - Combat Realism by Gabriel Mailhot


Mods ini sangat berguna bagi gamer yang memilih kelas fighter, untuk memberikan efek-efek yang lebih realistis dalam pertempuran. Diantarnya ialah efek terhuyung-huyung yang lebih terasa setelah terkena pukulan/serangan, baik gamer maupun musuh akan terkena dampaknya. Lalu, pengguna senjata dua tangan kini bisa menangkis serangan lebih efektif, serta jika memakai perisai juga akan lebih mantap dalam memblokir serangan dari pihak lawan.

4. Enhanced Blood Textures by dDefinder


Bagi gamer yang merasa kurang puas atas efek-efek kekerasan yang muncul di TES V, maka mods ini merupakan salah satu jawaban terbaik. Dikarenakan, mods ini akan menambah efek-efek darah yang lebih banyak keluar dari tubuh lawan, yang akan menempel ke tanah, armor suit, senjata maupun ke layar monitor. Tapi, semua efek-efek darah itu hanya bersifat sementara saja.

5. Pemanah dan Penyihir
Kalau dua mods sebelumnya lebih cocok untuk gamer yang suka memanfaatkan senjata jarak dekat, sebagai warrior class. Maka pada mods berikut bisa bermanfaat bagi class yang lainnya, yang secara default terasa lebih kurang bertenaga dalam membunuh lawan-lawannya, daripada saat gamer memilih warrior class pada dunia SKyrim.

a. Faster Arrows by FordPerfect


Mods ini membuat arah tembakan anak panah meluncur lurus, langsung ke arah target yang dituju tanpa perlu terkena efek gravitasi bumi. Selain itu, mods ini juga bisa menjadikan anak panah berkecepatan berkali lipat daripada aslinya dan jarak tempuh tembakannya bisa lebih jauh lagi. Sangat cocok bagi gamer yang memilih jalur pemanah, sebagai rogue class di TES V. Tapi harap diingat, bahwa musuh juga bisa melakukan hal yang sama dengan gamer, alias bisa sama-sama menembakkan panah secara lebih mematikan.

b. Improved Destruction Magic by Penumbral


Jurus-jurus sihir yang bisa membunuh musuh di TES V, aslinya kurang mantap, tapi jika gamer menggunakan mods ini maka serangan sihir itu bisa lebih mematikan daripada sebelumnya. Di dalam mods ini ada beberapa macam file yang bebas gamer pilih, mau memakai sebagian mods atau semuanya. Penulis menyarankan supaya gamer, yang memilih profesi mage class cukup menggunakan seperlunya saja, dan membaca petunjuk cara pemakaiannya dengan lebih detail. Agar gamer tidak salah pilih mods.

6. Skyrim -Elys- Uncapper by Elys


Seandainya gamer sudah puas dengan memilih berbagai mods diatas, maka kini saatnya gamer untuk memaximalkan skill-skill yang paling diinginkannya di TES V. Seperti yang telah diketahui, bahwa maximal level setiap skill untuk semua char ialah level 100. Namun, ketika menggunakan mods ini, maka batasan skill level naik hingga menjadi maximal level 300. Yup, berbahagilah bagi gamer yang tetap serius menjalani jalur warrior class murni, dengan senjata jarak dekat satu tangan serta ber-heavy armor. Kini bisa menaikkan skill level one-handed, heavy armor, dan blocking hingga melebihi skill level 100.

Dan setiap kenaikan level, gamer bisa memilih untuk bisa mendapatkan sekian jumlah perk pada setiap naik level atau gamer memilih cukup dengan sekali naik level mendapat satu perk saja. Semua bebas gamer pilih. Oh ay, mods ini juga membutuhkan TES V SKSE.

7. Skyrim Map

a. Colored Map Markers by Forsaken32


Sesuai dengan namanya, mods ini memberikan warna warni tersendiri bagi fitur peta SKyrim. Dikarenakan, peta aslinya tergambar secara monoton, dengan dipenuhi berbagai tampilan ikon hitam putih saja. Lalu, ketika memakai mods ini maka ikon-ikon arah penunjuk quest, kota, dungeon, fort, dsb., akan terlihat nuansa peta Skyrim yang lebih berwarna.

b. World Map in full 3D by Mikanoshi


Sistem peta secara default di TES V hanya memberikan arah pandang yang sangat terbatas. Sehingga, saat gamer menggunakan mods ini maka sistem peta menjadi lebih menyerupai sistem peta ala Google Earth. Full 3D dan memberikan arah pandang yang lebih jelas dan detail. Tapi, penulis lebih menyarankan agmer untuk memilih mengunduh file world map 3D limited untuk menjaga kompatibilitas penuh dan kstabilan yang lebih mantap selama bermain di TES V.

8. SkyRim Respawn Timescale DeadBody Timers Vendor Respawn by Corepc


Secara default, TES V memiliki sistem pergantian siang-malam secara real time serta sistem kalender hari dan bulan secara real time pula. Artinya, selama gamer terus menghabiskan waktu menjelajahi dunia SKyrim maka waktu berupa jam, hari, minggu dan bulan juga ikutan terus berputar, yang mirip dengan apa yang terjadi pada dunia nyata. Tapi, sistem tersebut juga memiliki kesalahan fatal terkait masalah penghilangan mayat-mayat yang gamer jumpai di seluruh pelosok Skyrim.

Jadi, TES V ini suka menumpuk dan lama dalam membersihkan mayat-mayat NPC di beberapa tempat. Adakalanya sudah sekian hari di dalam game telah berlalu, namun beberapa sosok mayat NPC tetap muncul di satu tempat dan tidak hilang-hilang juga. Hal itu dikarenakan TES V baru me-reset mayat-mayat yang muncul selama 30 hari sekali. Oleh sebab itulah, mods ini berguna untuk secepatnya menghilangkan mayat-mayat NPC yang ada di berbagai pelosok dunia. Setingan jumlah berapa banyak mayat yang baru bisa dihilangkan, atau berapa hari sekali mayat-mayat itu juga baru dihilangkan, semua bebas gamer pilih. 

9. Lost Art of the Blacksmith by Impulseve


Mods ini menambahkan begitu banyak resep perbaikan bagi setiap jenis senjata dan armor suit yang tidak terdata/hilang pada dunia Skyrim. Resep-resep kerajinan senjata seperti silver weapons, royal armguards, lockpicks, work axes, dan Imperial Light Armor juga telah ditambahkan ke dalam TES V ini. Upgrade item-item tersebut mudah dipergunakan ketika gamer berada di tempat tukang pandai besi. Kemudian, kualitas meng-upgrade berbagai item tersebut juga bergantung kepada skill, enhancements, perks, dan base damage of the weapon.

10. Glowing Ore Veins 300 by Baratan


OK, ini mods yang fungsinya sangta sederhana tapi vital dalam TES V. Mods ini sangat berguna bagi gamer agar mempermudah menemukan berbagai bahan tambang yang bisa di gali, semacam bijih besi, bijih emas, dsb., yang terebsar di berbagai penjuru Provinsi Skyrim. Karena, secara default, penampilan luas dari bahan tambang yang bisa digali oleh gamer itu kurang menyolok, terutama bahan-bahan tambang yang berada di luar ruangan. Sehingga mods ini gunanya membuat bahan tambang itu mudah gamer lihat dari jarak dekat maupun jarak jauh.




Sebagian mods-mods diatas merupakan mods-mods yang kurang terkenal, namun setelah penulis memakainya ternyata memberikan dampak yang lumayan besar ketika terus menjelajahi dunia Skyrim. Contohnya mods-mods untuk mewarnai sistem peta ala TES V. Kini, ketika penulis memandanagi peta akan terasa lebih bagus karen tak terkesan monoton seperti dahulu. Lalu, sebagian mods lainnya memberikan efek yang besar pada gameplay, seperti mods anak panah dan mods Sky UI. Memang, masih ada beberapa mods gameplay yang bagus lainnya di TES V, namun yang sempat penulis coba lebih jauh dan yang benar-benar layak untuk masuk disini, hanya 10 mods diatas saja.

Perlu gamer ketahui pula, hampir semua mods yang ada di artikel ini dan artikel yang itu, akan selalu di update terus oleh sang pembuatnya pada beberapa hari atau beberapa minggu sekali. Apalagi, seiring Bethesda terus meng-update TES V dengan memberikan berbagai patch terbaru di masa mendatang. Maka, adakalanya jika gamer perlu memeriksa ulang setiap beberapa waktu sekali, apakah mods yang sedang gamer gunakan itu apa ada versi terbarunya atau tidak.

Satu hal lagi, bahwa andaikata gamer memanfaatkan semua mods diatas, tidak akan memberatkan sistem PC, karena mods-mods tersebut hanya untuk meng-optimalisasi gameplay. Kecuali mungkin mods-mods itu malah bisa menambah tingkat kesulitan dalam bermain. Akhir kata sekian dan terima kasih.




 




| Free Bussines? |

4 comments:

  1. Artikel yg sngat menarik dan sangat membantu saya.. keren !!

    ReplyDelete
  2. Benar2 sangat membantu dan sangat jelas, menarik. keren

    ReplyDelete
  3. gan cara menggunakan SkyUI by SkyUI Team itu gmana ,,,
    ane udah pasaang mod skyui nya sama skse kok tetep gak bisa yah...
    apa harus update versi skyrimnya jg,,,
    versi skyrim ane 1.1.21...

    ReplyDelete
    Replies
    1. update ke versi 1.9.... gan biar compatibility sama mod mod keren lainnya, soalnya kebanyakan mod di skyrim butuh v 1.9...

      Delete